Minggu, 11 Agustus 2024

Materi Pembelajaran Kls XII RPL Bab 2

Merancang User Interface 

A. Mengenal Konsep User Interface

 Sebagian besar masyarakat saat ini hidupnya tidak dapat  lepas dari penggunaan gadget dan internet. User interface atau antarmuka adalah titik interaksi antara manusia dan komputer yang berkomunikasi dalam sebuah perangkat. Tujuan dari user interface adalah memungkinkan pengguna mengontrol komputer secara efektif. Antarmuka program yang baik adalah dapat dimengerti, efisien, serta ramah pengguna (user friendly). Antarmuka harus terdiri atas elemen-elemen yang dapat memudahkan pengguna dalam aktivitasnya. Antarmuka atau interface terlihat seperti class, tetapi sebenarnya bukan class. Interface dapat memiliki method dan variabel seperti class, tetapi method yang dideklarasikan dalam interface bersifat abstract default. Artinya, method dalam interface hanya berupa method atau nama method, tanpa memiliki isi atau perintah.



Berikut adalah contoh deklarasi user:

 interface di Java.
 interface <interface_name> {
 // deklarasikan konstanta 
// deklarasikan method abstract
 // secara default. 
}

B. Langkah-langkah Membuat Interface

 Untuk membuat interface pada Java, Anda dapat mendeklarasikan terface pada oce sesuai keinginan. Anda dapat pula menggudikan library interface yang telah disediakan Java atau dengan meng-import library interface yang dikembangkan pihak ketiga. Penggunaan interface bertujualan memudahkan dan menghemat waktu bagi programmer dalam mengembangkan program .Selain itu, di sisi pengguna, interface juga memudahkan dalam menggunakan perangkat lunak tersebut. 

 Berikut akan dijelaskan kegromaangkah-langkah dasar membuat interface pada Java dengan editor Netbeans.

1. Jalankan aplikasi NetBeans. 
2. Klik File → New Project → Klik Next.
 3. Berikan nama pada project yang akan Anda buat. Pada contoh ini, diberikan nama project LatihInterface.



4. Setelah menentukan nama project dan direktori penyimpanan, klik Finish. Berikut adalah tampilan awal interface pada NetBeans.



5. Selanjutnya, buatlah sebuah interface. Klik kanan pada package latihInterface pilih New, kemudian klik Java Interface.



6. Berikan nama pada interface tersebut. Pada contoh ini, diberikan nama Interface1, kemudian klik Finish.



7. Setelah semua langkah tersebut dilakukan, interface yang Anda buat telah selesai dan siap digunakan. Berikut adalah tampilan awal class Interface1.





C.Langkah-langkah Menggunakan Interface 

Untuk dapat menggunakan interface atau antarmuka, Anda memerlukan sebuah class yang meng-implement pada interface yang dituju. Konstanta dan method yang dideklarasikan pada interface tersebut akan diimplementasi oleh class lain. Adapun pada class yang mengimplementasi, Anda dapat menambahkan perintah yang ingin dieksekusi.
 Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan interface atau antarmuka disertai sebuah class yang mengimplementasi interface tersebut. Perhatikan kode program berikut:

interface kendaraan {
    public void bahanbakar();
}
class rodaempat implements kendaraan {
    public void bahanbakar() {
        System.out.println("interface method implemented");
        System.out.println("KENDARAAN MEMBUTUHKAN BAHAN BAKAR");
    }
    public static void main (String [] args) {
        kendaraan mobil = new rodaempat();
        mobil.bahanbakar();
    }
}




Hasi kode program tersebut:




Contoh library User Interface pada Java:


Langkah" mengerjakan kode program:
Buka js
New
Java
Class
Roda empat













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Akhir Bab 5

 A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.  1. Jenis usaha yang memiliki uang kas sebagai modal dan biaya produksi dengan besaran tidak leb...