Minggu, 29 September 2024

Bab 4 Pemrograman Berorientasi Objek

 



Membuat Aplikasi Multimedia 

A Pengertian Multimedia 

Kemajuan teknologi memberikan berbagai macam manfaat bagi kehidupan manusia. Teknologi diciptakan untu mempermudah sekaligus mempercepat aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manusia. Dahulu, manusia menggunakan surat untuk dapat berkomunikasi dengan seseorang yang lokasinya cukup jauh. Saat ini, dengan adanya media elektronik seperti halnya ponsel, dapat mempermudah komunikasi tanpa terhalang oleh jarak dan waktu. Ponsel merupakan salah satu perangkat multimedia yang akrab dalam kehidupan masyarakat. 

Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, grafik, audio, dan video dengan alat dan penghubung yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Terdapat banyak komponen penting untuk multimedia. Pertama, harus ada komputer untuk mengoordinasikan hal-hal yang Anda lihat dan dengar. Kedua, harus ada penghubung yang menghubungkan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang memungkinkan Anda menjelajahi web dan informasi yang terhubung. Terakhir adalah cara untuk mengumpulkan dan memproses informasi. 

Java menyediakan fasilitas pembangunan aplikasi multimedia dengan JMF atau Java Media Framework. Fasilitas ini memungkinkan Anda menambahkan audio, video, dan media lainnya ke dalam program Java. Berikut akan dijelaskan mengenai cara menerapkan objek multimedia dalam membangun aplikasi Java menggunakan JMF.

(B) Pengenalan JMF 

MF atau Java Media Framework amework (JMF) adalah library Java JMF yang memungkinkan audio, video, dan media lainnya untuk ditambahkan ke aplikasi dan applet Java. Paket opsional ini dapat menangkap, memutar, mengalirkan, dan mentranskode banyak format media, serta memungkinkan pengembangan aplikasi multimedia lintas platform. 

Java Media Framework (JMF) adalah bagian dari Application Programming Interface (API). JMF menjadi salah satu solusi dalam pemrograman multimedia berbasis Java. API ini memungkinkan developer untuk mengintegrasikan dua bagian dari aplikasi yang berbeda secara bersamaan. Saat ini, JMF versi 2.1 merupakan pengembangan yang dilakukan Sun Microsystems untuk membawa pemrosesan media berbasis waktu ke Java.


Media berbasis waktu adalah data yang berubah sehubungan dengan waktu, seperti klip audio dan video, sequence MIDI, dan animasi. Format yang didukung meliputi AU, AVI, MIDI, MPEG, QuickTime, dan WAV. Beberapa kegunaan dari JMF, antara lain sebagai berikut. 

1. Memutar media streaming dari internet. 

2. Mengabadikan audio dan video dengan mikrofon dan kamera video. 

3. Memproses media berbasis waktu dan mengubah format tipe konten. 

4. Mengirim audio dan video secara real time di internet (video streaming). 

5. Melakukan siaran langsung acara radio atau televisi.


Secara garis besar, Java telah memiliki kemampuan dasar dalam pengolahan media, kecuali Codecs, Capturers, dan Renderers. Pada bagian ini, JMF berperan sebagai pelangkap Java untuk pengolahan multimedia. 

C. Arsitektur dan Instalasi JMF 

Sebelumnya Anda telah diperkenalkan dengan Java Media Framework beserta sistem kerja dan konstruksinya. Pada subbab ini, Anda akan dijelaskan mengenai arsitektur dari JMF dan langkah-langkah instalasinya.

1. Arsitektur JMF 

Arsitektur dari JMF sangatlah sederhana dan secara singkat dapat dibagi dalam tiga bagian, yaitu sebagai berikut. 

a. Input Input berguna untuk memastikan ketersediaan media yang akan diproses. Media tersebut dapat berupa gambar, suara, atau film pendek. 

b. Process Process atau proses berguna untuk mengolah media yang dimasukkan untuk menjadi sebuah tampilan pada bagian output. 

c. Output Output berguna untuk menampilkan hasil tampilan akhir dari media yang telah diolah.


2. Langkah-Langkah Instalasi JMF 

Langkah-langkah untuk melakukan instalasi JMF pada Java, antara lain sebagai berikut. 

a. Download terlebih dahulu library JMF dari website resmi pada laman http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/ download-142937.html.


b. Klik Download, kemudian Anda akan diarahkan pada halaman pemilihan versi software yang akan di-download. Setelah itu, klik Windows Performance Pack atau jmf- 2_1_1e-windows-i586.exe, kemudian proses download pun akan dimulai.


C. Double click file hasil download jmf-2_1_1e-windows-i586.exe tersebut. Setelah itu, akan muncul tampilan Software License Agreement, klik Yes untuk memulai instalasi.


d. Atur direktori penyimpanan instalasi, disarankan tetap mengikuti direktori standar yang telah diatur program. Setelah menentukan direktori instalasi, klik Next.


e. Pada tampilan Select Components, centang semua bagian, kecuali pada bagian Permit. Setelah itu, klik Next.


f. Selanjutnya, pada tampilan setup complete, klik radio button Yes, I want to restart my computer now, kemudian klik Finish.


g. Komputer akan di-restart untuk mempersiapkan aplikasi JMF. Setelah proses restart selesai, aplikasi JMF plugin siap digunakan. 

(D) Cara Menggunakan JMF 

Aplikasi JMF plugin yang telah terinstal dapat digunakan Luntuk memutar file audio dengan menggunakan aplikasi JMStudio. Langkah-langkah menggunakan JMF adalah sebagai berikut. 

1. Pastikan JMF sudah terinstal di komputer. 

2. Buka direktori penyimpanan file JMF pada folder C:\Program Files (x86)UMF2.1.1e\bin\.


3. Double click pada file JMStudio.exe.


4. Klik pada File - Open File. Selanjutnya, pilih file multimedia yang ingin diputar.



5. Klik Open atau double click pada file yang ingin diputar. Setelah itu, file akan tereksekusi secara otomatis.


E. Membuat Proyek Mutimedia dengan JMF


 Setelah IMF plugin sudah terpasang. Anda dapat langsung mengimplementasikannya untuk membuat sebuah proyek pemrograman sederhana dengan Java Media Player.


 1. Membuat Player MP3 Sederhana dengan Command Line 

Pada bagian ini akan diimplementasikan pembuatan aplikasi audio player sederhana yang akan menggunakan class manager dan interface player, keduanya merupakan dasar dari pembuatan aplikasi berbasis JMF. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengeksekusi sebuah file multimedia dengan tipe mp3, wav, au, serta beberapa model yang lain. 


Perhatikan kode program berikut.


1 import javax.media.*; 


2 import java.io.File; 


3 import java.io.IOException; 


4 import java.net.URL; 


5 import java.net.MalformedURLException;


 6


 7 public class SimpleAudioPlayer { 


8 private Player audioPlayer = null;



10 public SimpleAudioPlayer (URL url) throws IOException,


 11 NoPlayerException, 


12 CannotRealizeException { 


13 audioPlayer Manager. createRealizedPlayer (url); 


14 {


 15 


16 public SimpleAudioPlayer (File file) throws IOException,


17 NoPlayerException, 


18 CannotRealizeException { 


19 this (file.toURL()); 


20 {


21


 22 public void play() { 


23 audioPlayer.start(); 


24 {


25 


26 public void stop() {


27 audioPlayer.stop(); 


28 audioPlayer.close(); 


29 


30 


31 public static void printUsage() {


 32 System.out.println("Usage: java SimpleAudioPlayer audioFile"); 


33 }


 34 


35 public static void main(String[] args) {


36 try { 


37 if (args.length== 1) {


38 File audioFile new File(args[0]);


 39 SimpleAudioPlayer player = new SimpleAudioPlayer (audioFile); 


40 System.out.println(); 


41 System.out.println("-> Playing file <" + 


42 audioFile.getAbsolutePath() + ">"); 


43 System.out.println(" exit"); Press the Enter key to 


44 player.play(); 


45 System.in.read();


 46 System.out.println("-> Exiting"); 


47 player.stop(); 


48 } else {


 49 printUsage();


 50 { 


51 } catch (Exception ex) 


 52 ex.printStackTrace();


53 { 


54 System.exit(0);


 55 }


56 }



a. Import library yang dibutuhkan dengan perintah berikut.


 import javax.media.*; 


import java.io.File; 


import java.io.IOException; 


import java.net.URL; 


import java.net.MalformedURLException;


 Package javax.media adalah salah satu dari banyak package JMF yang berisi class manager dan interface player, kedua bagian ini berperan penting dalam mengaktifkan fungsi JMF untuk mengeksekusi file multimedia.


 b. Mempersiapkan sebuah sistem audio player, yang akan dimulai dari awal track. 


public class SimpleAudioPlayer { 


private Player audioPlayer = null; 


C. Mempersiapkan instant system player yang akan direspons oleh class manager, serta mempersiapkan alamat media yang akan dieksekusi. 


public SimpleAudioPlayer (URL url) throws


 IOException, NoPlayerException,


        CannotRealizeException { 


     audioPlayer = Manager.createRealizedPlayer (url;


 } 


d. Perintah untuk memutar dan menghentikan file multimedia.


 public void play() { 


audioPlayer.start();


 }


 public void stop() {


 audioPlayer.stop(); 


audioPlayer.close();


 }


e. Membuat sebuah method untuk menampilkan ("Usage: Java SimpleAudioPlayer audioFile");


 public static void printUsage() { 


        System.out.println("Usage: java


 SimpleAudioPlayer audioFile") ;

}


f. Pada bagian main program, digunakan untuk menjalankan file audio yang telah dipersiapkan.

public static void main(String[] args) {

try {

if (args.length == 1) {

File audioFile = new File(args[0]);

SimpleAudioPlayer player = new

SimpleAudioPlayer (audioFile);

System.out.println();

System.out.println("-> Playing file <" +

audioFile.getAbsolutePath() + ">");

System.out.println("Press the Enter key to

exit");

player.play();

System.in.read();

System.out.println("-> Exiting");

player.stop();

} else {

printUsage();

}

} catch (Exception ex) {

ex.printStackTrace();

System.exit(0);

}


g. Untuk menjalankan kode program tersebut, siapkan sebuah file bertipe .mp3. File tersebut disimpan pada drive tertentu, misalnya C:\a.mp3.


2. Membuat MP3 Player Sederhana

Pada bagian ini, JMF akan diimplementasikan untuk memainkan file multimedia bertipe mp3 dengan tampilan sederhana. Langkah-langkah untuk memainkan file mp3 dengan JMF adalah sebagai berikut.


a. Import library package.

b. Membuka library.

c. Memainkan file multimedia.


Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut.


1 import java.io.File;

2 import javax.media.Manager:

3 import javax.media.Player:

4 public class Main2 (

5 static Player audioPlayer = null;

6 public static void main(String[] args) (

7 try {

8 System.out.println("TIDAK TAMPILAN TAPI AKAN TERDENGAR SUARA MUSIK");

9 Manager.createRealizedPlayer (new 

10 File("C:\\a.mp3").toURL()).start();

11 } catch (Exception ex) {

12 ex.printStackTrace();

13 }

14 }

15 }


Penjelasan kode program tersebut adalah sebagai berikut.

a. Bagian ini digunakan untuk import JMF library package, model library yang di-import adalah model sederhana karena tidak menggunakan frame AWT atau Swing.

import java.io.File;

import javax.media.Manager;

import javax.media.Player;


b. Bagian ini menunjukkan bahwa media player berada pada posisi off atau akan memutar media dari awal track.


static Player audioPlayer = null;


c. Bagian ini menunjukkan bahwa media player memutar file a.mp3 yang tersimpan pada drive C, dan akan diputar mulai dari track pertama.

Manager.createRealizedPlayer (new File("C:\\a. mp3").toURL()).start();

catch (Exception ex) {

ex.printStackTrace();

}


Hasil kompilasi kode program tersebut adalah sebagai berikut.



3. Membuat Pemutar Film Sederhana dengan JMF

Pada bagian ini, JMF akan diimplementasikan untuk menjalankan file film dengan tampilan sederhana. Langkah- langkah untuk menjalankan file film dengan JMF adalah sebagai berikut.


a. Import library.

b. Membuat class extends.

C. Mempersiapkan object panel JMF.

d. Membuka file sesuai kode sumber.

e. Menjalankan file.


Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut.


1 // Aplikasi Multimedia Sederhana

2 import javax.swing.*;

3 import java.awt.*;

4 import java.awt.event.*;

5 import javax.media.*;

6 import java.net.*;

7

8 public class HelloJMF extends JFrame |

9 static Player myPlayer = null;

10 public HelloJMF() {

11 super("Demo JMF");

12 play();

13 Component panelControl myPlayer. getControl PanelComponent()

14 Component visualComponent getVisualComponent(); myPlayer.

15 this.getContentPane().add(panelControl, BorderLayout.SOUTH);

16. this.getContentPane().add

(visualComponent, BorderLayout.CENTER);

17 this.addWindowListener(new WindowAdapter() {

18 public void windowClosing (WindowEvent we) (

19 stop();

20 System.exit(0);

21 }

22 });

23 this.pack();

24 this.setSize(new Dimension (500, 400));

25 this.setVisible(true);

26 }

27

28 public static void main(String[] args) {

29 HelloJMF helloJMF new HelloJMF();

30 }

31

32 void play() {

33 try {

34 URL url = new URL("file:, null, "D:\\Lafadz. mpg");

35 myPlayer = Manager.

createRealizedPlayer (url);

36 myPlayer.start();

37 } catch (Exception e) {

38 System.out.println("Unable to create the

audioPlayer :" + e);

39 }

40 }

41

42 void stop() {

43 myPlayer.stop();

44 myPlayer.close();

45 }

46 }

Penjelasan kode program tersebut adalah sebagai berikut.


a. Bagian tersebut digunakan untuk meng-import komponen Java yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi media player dengan JMF.


import javax.swing.*;

import java.awt.*;

import java.awt.event.*;

import javax.media.*;

import java.net.*;


b. Membuat objek turunan JFrame yang akan dipanggil dengan nama HelloJMF.


public class HelloJMF extends JFrame {


C. Memanggil method JMF untuk memainkan atau menjalankan media.


play();

Component panelControl = myPlayer.

getControl PanelComponent();

Component visualComponent = myPlayer.

getVisualComponent();


d. Menempatkan posisi media player di layar monitor.


this.getContentPane().add(panelControl, BorderLayout.SOUTH);

this.getContentPane().add(visualComponent, BorderLayout.CENTER);


e. Menampilkan Windows Media Player.


this.addWindowListener(new WindowAdapter() {


f. Method ini berguna untuk menutup Windows Media Player dan menghentikan media player.


public void windowClosing (WindowEvent we) {

stop();

System.exit(0);

}


g. Mengatur ukuran Windows Media Player.


this.pack();

this.setSize (new Dimension (500, 400));

this.setVisible(true);


h. Method ini berguna untuk membuka file media yang akan diputar, file tersebut disimpan di drive D dengan nama Lafadz.mpg, dan melakukan eksekusi untuk memainkan file tersebut.

void play() {

try {

URL url = new URL("file", null, "D:\\Lafadz. mpg");

myPlayer = Manager.

createRealizedPlayer (url);

myPlayer.start(); 

} catch (Exception e) {

System.out.println("Unable to create the

audioPlayer :" + e);

}

}


i. Method ini digunakan untuk menghentikan eksekusi file Lafadz.mpg dan menutup media player.


void stop() {

myPlayer.stop();

myPlayer.close();

}


Tampilan eksekusi file Lafadz.mpg adalah sebagai berikut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Akhir Bab 5

 A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.  1. Jenis usaha yang memiliki uang kas sebagai modal dan biaya produksi dengan besaran tidak leb...