Minggu, 18 Agustus 2024

Materi pelajaran PBO Kelas XII RPL

 D. Hubungan Interface dan Inheritance

Seperti yang telah dipahami bahwa sebuah interface tidak dapat diisi dengan operasi data. Selain itu, programmer juga tidak dapat melakukan hubungan antar-interface dengan cara saling meng-implement antara satu interface dan interface lainnya. Untuk membuat hubungan antar-interface, dapat dilakukan dengan membuat turunan (inheritance) dengan kata kunci extends. Salah satu interface akan menjadi parent yang di-extends oleh interface lainnya.

Perhatikan kode program berikut:

// STEP 1

interface inf1 {

    public void method1();

}


// STEP 2

interface inf2 extends inf1 {

    public void method2();

}


// STEP 3

public class Demol implements inf2 {

    public void method1(){

        System.out.println("method1");

    }

    

    public void method2() {

        System.out.println("method2");

    }

    

    public static void main ( String args[]) {

        // STEP 4

        inf2 obj = new Demol();

        obj.method2();

    }

}


Hasil kode program dari buku paket:


Hasil kode program dari aplikasi J studio:


Penjelasan kode program tersebut adalah sebagai berikut. 

1. Pada STEP 1 dilakukan pembuatan interface Inf1. 

2. Pada STEP 2 dilakukan pembuatan interface dengan nama Inf2 yang mengekstensi Infl. 

3. Pada STEP 3, class utama melakukan implements dari interface Inf2 sehingga class tersebut dapat menggunakan nama method dari dua interface, yaitu Inf1 dan Inf2, berupa method1 dan method2. 

4. Pada STEP 4 terjadi proses pembuatan objek dengan menggunakan turunan Inf2 dan berdasar pada class utama (Demol), serta objek baru tersebut menggunakan fasilitas class Demol.


E .Merancang User Interface dengan Library Java 

User interface pada Java menerapkan GUI (Graphical User Interface), yaitu jenis user interface yang menerapkan metode interaksi pada peranti elektronik secara grafis (bukan berupa teks) antara pengguna dan komputer. Konsep dasar pada Java GUI adalah API (Application Programming Interface). Java GUI API terdiri atas dua komponen, yaitu sebagai berikut. 

1. AWT (Abstract Windows Toolkit).

 2. Swing atau JFC (Java Foundation Class). 

Berikut adalah penjelasan mendetail tentang dua komponen GUI pada Java tersebut. 

1. Komponen AWT (Abstract Windowing Toolkit) Abstract Windowing Toolkit (AWT) adalah tampilan dasar dari setiap target platform (Windows, Macintosh, dan Solaris) atau berdiri sesuai dengan mekanisme sebuah platform. AWT terdiri atas banyak widget grafik yang dapat ditambahkan dan diatur dalam tampilan, seperti button, checkbox, radio button, menu, list, canvas, textfield, scroll panel, dan panel. Semua komponen GUI nonmenu memiliki class yang diturunkan dari class java.awt.Component. Adapun komponen menu diturunkan dari class java.awt. ComponentMenu Kelebihan AWT adalah didukung oleh browser versi lama dan baru, karena package ini telah diimplementasikan sejak lama. Sementara itu, kekurangan AWT adalah bersifat heavyweight dan opaque (tidak transparan). Desain user interface dengan AWT terdiri atas dua bagian penting, yaitu containers dan components. Components adalah  entitas GUI dasar, seperti button, label, dan textfield (Adapun containers adalah komponen yang dapat berisi komponen AWT lainnya, seperti frame dan panel. Containers digunakan untuk menahan komponen dalam tata letak tertentu. Contoh dari containers adalah FlowLayout atau GridLayout.


a. AWT Container 

Container dalam AWT Java adalah bagian terpenting dalam pembuatan user interface. Hal ini dikarenakan, di dalam container terdapat frame dan panel, serta beberapa bagian lainnya. Cara deklarasi container dalam Java adalah sebagai berikut.

public class MyGUIProgram extends Frame{

   // private variables 

    ......

    // Constructor to setup the GUI components public MyGUIProgram() {

    ......

 }

// methods

.......

......

// The entry main () method

public static void main (String [] args) {

    // Invoke the constructor (to setup the GUI) by allocating

    an instance

    new MyGuiProgram ();

}

}



b. Library Class AWT Components 

Component atau komponen AWT adalah bagian-bagian yang dapat dipasang atau ditempelkan dalam sebuah lembar kerja (frame). Komponen-komponen AWT adalah sebagai berikut. 

1) java.awt.Button 

Komponen ini berupa tombol yang jika ditekan akan mengerjakan instruksi tertentu. 

 perhatikan kode program berikut.


Hasil kode program dari aplikasi J studio:


Hasil kode program dari buku paket:



Anda juga dapat membuat tombol sederhana tanpa menguraikan ukuran tombol serta layout tampilan frame. Untuk melakukannya, perhatikan kode program berikut.


Hasil kode program dari aplikasi J studio:


Hasil kode program dari buku paket:


2) java.awt.CheckBox 
Komponen ini berupa tombol berbentuk kotak yang dapat diberi input berupa tanda check atau centang. Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut.

1. import java.awt.*;
2.
3. public class ChoiceExample {
4. public static void main (String args []) {
5. Frame f = new Frame ();
6. Choice c = new Choice ();
7. c.setBounds (30, 50, 70, 50);
8. c.add ("SOTO");
9. c.add ("BAKSO");
10. c.add ("GUDEG");
11. c.add ("SATE");
12. c.add ("LOTEK");
13. f.add (c);
14. f.setSize (100, 100);
15. f.setLayout (null);
16. f.setVisible (true);
17. }
18. }

Hasil kode program dari aplikasi J studio:



Hasil kode program dari buku paket:



3) java.awt.Choice 
Komponen ini akan menampilkan menu yang terdiri atas beberapa pilihan. Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut. 

1 import java.awt.*;
2
4 public class ChoiceExample {
5 public static void main(String args[]) { 
6  Frame f new Frame(); 
7  Choice = new Choice(); 
8   c.setBounds (30, 50, 70, 50); 
9   c.add("SOTO"); 
10 c.add("BAKSO"); 
11 c.add("GUDEG"); 
12 c.add("SATE"); 
13 c.add("LOTEK"); 
14 f.add(c); 
15 f.setSize(100, 100); 
16 f.setLayout(null); 
17 f.setVisible(true); 
18   } 
19 }

Hasil kode program dari aplikasi J Studio:


Hasil kode program dari buku paket:



4) java.awt.Label 

Komponen ini akan meletakkan teks statis yang tidak dapat diedit. Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut.

import java.awt.*;

class LabelExample {
    public static void main (String args []) {
        Frame f = new Frame ("Label Example") ;
        Label 11, 12;
        11 = new Label ("First Label.") ;
        11.setBounds (50, 100, 100, 30) ;
        12 = new Label ("Second Label.") ;
        12.setbouns (50, 150, 100, 30);
        f.add(11);
        f.add(12);
        f.setsize(200, 200);
        f.setLayout(null);
        f.setVisible(true);
    }
}

Hasil kode program dari aplikasi J Studio:




Hasil kodingan dari buku paket:



5) java.awt.List 

Komponen ini akan menyajikan beberapa pilihan teks dalam satu daftar yang dapat di-scroll (gulung). Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut. 

1 import java.awt.*;
3 public class LisatExam { 
4 public static void main(String args[]) { 
5 Frame f new Frame(); 6 List L new List(); 
7 L.setBounds (30, 50, 70, 50); 
8 L.add("SOTO"); 
9 L.add("BAKSO"); 
10 L.add("GUDEG"); 
11 L.add("SATE"); 
12 L.add("LOTEK"); 
13 f.add(L); 
14 f.setSize(100, 200); 
15 f.setLayout(null); 
16 f.setVisible(true); 
17 }
18 }

Hasil kodingan dari aplikasi J studio:




Hasil kodingan dari buku paket:




6) java.awt.Scrollbar 

Komponen ini digunakan untuk membuat scrollbar horizontal dan vertikal. Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut. 
1 import java.awt.*; 
3 class ScrollbarExample {
4 public static void main(String args[]) { 
5 Frame f = new Frame ("Scrollbar Example"); 
6 Scrollbars= new Scrollbar(); 
7 s.setBounds (50, 70, 20, 100); 
8 f.add(s); 
9 f.setSize(300, 200); 
10 f.setLayout(null); 
11 f.setVisible(true); 
12 } 
13 }

Hasil kode program dari aplikasi J studio:


Hasil kode program dari buku paket:




7) java.awt.TextArea 

Komponen ini akan menampilkan teks multi-line yang dapat diedit. Untuk membuatnya, perhatikan kode program berikut. 
1 import java.awt.*; 
3 public class TextAreaExample { 
4 public static void main(String args[]) { 
5 Frame f new Frame(); 
6 TextArea area = new TextArea ("SELAMAT BELAJAR JAVA AWT"); 
7 area.setBounds (10, 30, 300, 300); 
8 f.add(area); 
9 f.setSize(400, 400); 
10 f.setLayout(null); 
11 f.setVisible(true); 
12 } 
13 }

Hasil kode program dari aplikasi J Studio:



Hasil kode program dari buku paket:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ulangan Akhir Bab 5

 A. Pilihlah salah satu jawaban yang tepat.  1. Jenis usaha yang memiliki uang kas sebagai modal dan biaya produksi dengan besaran tidak leb...