D. Hubungan Interface dan Inheritance
Seperti yang telah dipahami bahwa sebuah interface tidak dapat diisi dengan operasi data. Selain itu, programmer juga tidak dapat melakukan hubungan antar-interface dengan cara saling meng-implement antara satu interface dan interface lainnya. Untuk membuat hubungan antar-interface, dapat dilakukan dengan membuat turunan (inheritance) dengan kata kunci extends. Salah satu interface akan menjadi parent yang di-extends oleh interface lainnya.
Perhatikan kode program berikut:
// STEP 1
interface inf1 {
public void method1();
}
// STEP 2
interface inf2 extends inf1 {
public void method2();
}
// STEP 3
public class Demol implements inf2 {
public void method1(){
System.out.println("method1");
}
public void method2() {
System.out.println("method2");
}
public static void main ( String args[]) {
// STEP 4
inf2 obj = new Demol();
obj.method2();
}
}
Hasil kode program dari buku paket:
Hasil kode program dari aplikasi J studio:
Penjelasan kode program tersebut adalah sebagai berikut.
1. Pada STEP 1 dilakukan pembuatan interface Inf1.
2. Pada STEP 2 dilakukan pembuatan interface dengan nama Inf2 yang mengekstensi Infl.
3. Pada STEP 3, class utama melakukan implements dari interface Inf2 sehingga class tersebut dapat menggunakan nama method dari dua interface, yaitu Inf1 dan Inf2, berupa method1 dan method2.
4. Pada STEP 4 terjadi proses pembuatan objek dengan menggunakan turunan Inf2 dan berdasar pada class utama (Demol), serta objek baru tersebut menggunakan fasilitas class Demol.
E .Merancang User Interface dengan Library Java
User interface pada Java menerapkan GUI (Graphical User Interface), yaitu jenis user interface yang menerapkan metode interaksi pada peranti elektronik secara grafis (bukan berupa teks) antara pengguna dan komputer. Konsep dasar pada Java GUI adalah API (Application Programming Interface). Java GUI API terdiri atas dua komponen, yaitu sebagai berikut.
1. AWT (Abstract Windows Toolkit).
2. Swing atau JFC (Java Foundation Class).
Berikut adalah penjelasan mendetail tentang dua komponen GUI pada Java tersebut.
1. Komponen AWT (Abstract Windowing Toolkit) Abstract Windowing Toolkit (AWT) adalah tampilan dasar dari setiap target platform (Windows, Macintosh, dan Solaris) atau berdiri sesuai dengan mekanisme sebuah platform. AWT terdiri atas banyak widget grafik yang dapat ditambahkan dan diatur dalam tampilan, seperti button, checkbox, radio button, menu, list, canvas, textfield, scroll panel, dan panel. Semua komponen GUI nonmenu memiliki class yang diturunkan dari class java.awt.Component. Adapun komponen menu diturunkan dari class java.awt. ComponentMenu Kelebihan AWT adalah didukung oleh browser versi lama dan baru, karena package ini telah diimplementasikan sejak lama. Sementara itu, kekurangan AWT adalah bersifat heavyweight dan opaque (tidak transparan). Desain user interface dengan AWT terdiri atas dua bagian penting, yaitu containers dan components. Components adalah entitas GUI dasar, seperti button, label, dan textfield (Adapun containers adalah komponen yang dapat berisi komponen AWT lainnya, seperti frame dan panel. Containers digunakan untuk menahan komponen dalam tata letak tertentu. Contoh dari containers adalah FlowLayout atau GridLayout.
a. AWT Container
Container dalam AWT Java adalah bagian terpenting dalam pembuatan user interface. Hal ini dikarenakan, di dalam container terdapat frame dan panel, serta beberapa bagian lainnya. Cara deklarasi container dalam Java adalah sebagai berikut.
public class MyGUIProgram extends Frame{
// private variables
......
// Constructor to setup the GUI components public MyGUIProgram() {
......
}
// methods
.......
......
// The entry main () method
public static void main (String [] args) {
// Invoke the constructor (to setup the GUI) by allocating
an instance
new MyGuiProgram ();
}
}
b. Library Class AWT Components
Component atau komponen AWT adalah bagian-bagian yang dapat dipasang atau ditempelkan dalam sebuah lembar kerja (frame). Komponen-komponen AWT adalah sebagai berikut.
1) java.awt.Button
Komponen ini berupa tombol yang jika ditekan akan mengerjakan instruksi tertentu.
perhatikan kode program berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar